Biaya pada Asuransi Unitlink

1. Biaya Administrasi
Biaya administrasi masing-masing perusahaan asuransi berbeda-beda antara Rp 26.000,- hingga Rp 37.000,- perbulan n. Biaya ini akan terus dibebankan selama berlakunya asuransi. Di Allianz, hanya sebesar Rp 26.500,-

2. Biaya Akuisisi
Biaya Akuisisi adalah biaya yang dibayarkan oleh perusahaan asuransi kepada distribusi chanel yaitu komisi agen, overriding para leader dan biaya kantor agency . Biaya akuisisi ini dibebankan ke dalam premi yang dibayarkan oleh nasabah pada 5 tahun pertama. Biaya akuisisi sangat besar pada tahun pertama dan kedua. Di Allianz untuk 5tahun awal totalnya adalah 145% sedangkan pada asuransi unitlink perusahaan lain mencapai 200% lebih.

3. Biaya Asuransi
Biaya asuransi atau biasa dikenal dengan Cost of Insurance (COI) dan Cost of Rider (COR) adalah biaya premi dengan memperhatikan usia dan resiko dibandingkan uang pertanggungan yang diambil.
Biaya asuransi ini akan naik terus dari tahun ke tahun.

4. Biaya Alokasi Premi
Perusahaan asuransi membebankan biaya ini di muka sebelum dan setiap dana masuk ke dalam porsi investasi. Biaya ini umumnya sebesar 5% dari dana yang diinvestasikan dan ada juga yang menggunakan metode bid-offer price yaitu dana yang masuk akan dibagi dengan harga jual (offer price) serta dana yang keluar atau ditarik oleh nasabah akan dikali dengan harga beli (bid price). Selisih dari bid-offer price biasanya sebesar 5% (umumnya dihitung dari offer price). Bagi nasabah yang ingin menarik investasinya dari unit link yang menggunakan metode bid-offer price mutlak harus menghitung tingkat pertumbuhan yang sedang terjadi sejak dana tersebut masuk, dikurangi selisih bid-offer price.

5. Biaya Pengelolaan Investasi
Perusahaan asuransi juga membebankan Biaya Pengelolaan Investasi oleh Manajer Investasi yang besarnya bervariasi antara 0.5% – 3% pertahun dan sudah diperhitungkan dalam harga unit. Tingkat biaya ini tergantung dari jenis investasi yang dipilih oleh nasabah (reksa dana pendapatan tetap, saham atau campuran)

6. Biaya penarikan dana (fund withdrawal charge)

Dibebankan dalam bila Anda menarik sebagian atau seluruh unit investasi.

7. Biaya pemindahan dana (fund switching charge)

Pemindahan unit investasi antardana untuk beberapa kali dalam setahun biasanya bebas biaya. Pemindahan berikutnya dapat dikenai biaya.

8. Biaya penambahan investasi (top up charge)
Dibebankan dalam rupiah sebelum jumlah penambahan (top up) dikonversi ke dalam unit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s